Asal muasal sejarah nama pulau Lombok dan suku sasak Lombok yang tidak bisa di pisahkan. Lombok dan Sasak adalah dua nama yang sangat berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Pulau Lombok memang hanya memiliki luas sepertiga dari Pulau Sumbawa. Namun memang pada kenyataan pulau Lombok lebih dari subur dari pulau Sumbawa membuat masyarakat asli tinggal di daratan pulau Lombok.

Lebih terkenal dengan sebutan Pulau seribu Masjid, masyrakat yang mayoritas adalah Muslim membuat anda akan sangat takjub. Pasalnya, bila anda berkunjung anda akan selalu mendengar seruan Adzan dimana-mana.

ASAL MUASAL KATA LOMBOK DAN SASAK

Seperti sebelum nya di sebutkan, Lombok dan Sasak adalah dua nama yang tak bisa dipisahkan. Pengertianya adalah Lombok sebutan nama pulau nya dan sasak adalah sebutan untuk nama suku aslinya. Nama Lombok berasal dari bahasa sasak yang memiliki arti lurus. Sedangkan sasak berasal dari kata SAK-SAK yang memiliki arti perahu bercadik.

SEJARAH LOMBOK

Sejak jaman majapahit Pulau Lombok memang sudah sangat terkenal. Adanya informasi yang di temukan tentang pulau Lombok pada buku yang di tulis oleh Empu Prapanca adalah salah satu bukti.

Para orang tua dari masyarakat Sasak telah menceritakan secara turun temurun. Bahwa pada zaman dahulu kala, kerajaan Mataram yang sudah Lama berada di Jawa Tengah dipimpin oleh seorang ratu wanita bernama Pramudawardhani kawin dengan Rakai Pikatan dengan ketampananya. Singkat cerita mereka adalah sepasang suami istri yang memiliki peran pada kerajaan Mataram. Permaisuri adalah seorang yang sangat ahli pemerintahan, sedangkan sang suami ahli peperangan dengan pangkat jendral. Kekuasaannya dari barat sampai ke Pulau Sumatra, hingga timur sampai di Pulau Flores. Saat itulah banyak rakyat Mataram pergi berlayar  dengan perahu bercadik ke arah timur melalui Laut Jawa.

 

ARTI PERJALANAN LURUS “LOMBOK”

Belum di ketahui secara pasti apa tujuan dari perjalanan tersebut. Entah untuk untuk memperluas kekuasaan atau menghindari kerja berat, karena pada saat itu Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Kalasan sedang dibangun

Hingga Terus mereka berlayar lurus ke arah timur dan di tengah perjalanan di temukan sebuah pelabuhan. Pelabuhan itu diberi nama Lomboq yang memiliki arti lurus, untuk mengenang perjalanan yang sangat panjang. Setelah mendarat mereka hidup dan berbaur dengan masyarakt asli kerajaan disana.

Pada Akhirnya Mereka berkerjasama dan mendirikan sebuah kerajaan Lombok yang berpusat di Labuhan. Kerajaan Lombok terus menjadi besar hingga berkembang dalam waktu lima abad.

Dikenal di seluruh Nusantara,

Pulau Lombok menjadi pusat perhatian perbelanjaan dengan tanahnya yang subur. Sebagai salah satu pelabuhan yang dikunjungi oleh para pedagang dari Banjarmasin, Ternate, Tidore, Makasar, Bahkan hingga Gersik. Mereka yang datang ke Lombok biasa membeli beras hingga kayu.

Runtuh

Kerajaan Lombok yang pada akhirnya dikalahkan oleh kerajaan Majapahit Runtuh. Raja dan Ratu lari ke pegunungan dan mendirikan kerajaan baru yang kemudian diberi nama kerajaan Selaparang. Saat ini untuk mengenang Legenda tersebut nama selarapang di abadikan sebagai nama lapangan terbang dan jalan utama di Lombok.